RSS

WINDOWS VISTA

06 Feb

SEJARAH WINDOWS VISTA

  • Windows Vista adalah sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.
  • Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).
  • Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001

SYARAT MINIMUM

✐   Windows Vista Home Basic

–     prosesor 800-megahertz (MHz) 32-bit (x86) atau prosesor 800-MHz 64-bit (x64)

–     memori sistem 512 megabyte (MB)
Catatan Pada konfigurasi sistem yang menggunakan memor sistem sebagai memori grafis, sedikitnya memori sistem 448 MB harus tersedia untuk sistem operasi setelah beberapa memori dialokasikan untuk grafis.

–     Kartu grafis kelas DirectX 9

–     Memori grafis 32 MB

–     Hard disk 20-gigabyte (GB) yang memiliki ruang hard disk bebas 15 GB

–     Kandar DVD internal atau eksternal

–     Kapabilitas akses Internet

–     Kapabilitas output audio

✐   Windows Vista Home Premium, Windows Vista Business, Windows Vista Enterprise, dan Windows Vista Ultimate

–     Prosesor 1-gigahertz (GHz) 32-bit (x86) atau prosesor 1-GHz 64-bit (x64)

–     Memori sistem 1 GB

–     Kartu grafis dengan Windows Aero
Catatan Kartu ini berisi kartu grafis kelas DirectX 9 yang mendukung berikut ini:

  • Pengandar WDDM
  • Pixel Shader 2.0 dalam perangkat keras
  • 32 bit per piksel

–     Memori grafis 128 MB (minimum)

–     Hard disk 40-GB dengan ruang hard disk bebas 15 GB (ruang bebas 15GB menyediakan ruang bagi penyimpanan berkas sementara selama proses instal atau upgrade.)

–     Kandar DVD internal atau eksternal

–     Kapabilitas akses Internet

Kapabilitas output audio

 

JENIS-JENIS

✐   Windows Vista Starter

            Mirip seperti Windows XP Starter Edition,edisi ini masih berteknologi 32-bit, edisi ini dibatasi untuk area lokal, terutama sebagai alternatif legal ketimbang penggunaan kopi bajakan. Pengguna edisi ini akan sangat dibatasi pemakaiannya, misalnya hanya bisa untuk memakai tiga program sekaligus dalam satu waktu, pembatasan koneksi jaringan, dan physical memory dibatasi hanya hingga 256MB.

✐   Windows Vista Home Basic

            Seperti Windows XP Home Edition,dengan teknologi 64-bit, fiturnya juga bertambah banyak. Tetapi tidak sebanyak edisi yang lain, Home Basic ditujukan bagi pengguna rumahan yang tidak memerlukan fasilitas lebih tinggi. Tema “Aero Glass” dengan efek transparan juga tidak akan termasuk dalam Edisi ini. Home Basic hanya mendukung hingga 8GB physical memory.

✐   Windows Vista Home Premium

            Didasari Windows Vista Home Basic, edisi ini memiliki tambahan dukungan fitur-fitur lebih tinggi yang ditujukan untuk segmen pengguna rumahan, seperti dukungan HDTV dan pembuatan menu DVD. Tambahan lainnya adalah games yang lebih banyak, dukungan untuk komputer tablet dan mobile, sistem enkripsi file, serta aplikasi manajemen foto. Edisi ini mirip dengan Windows XP Media Center Edition dan Tablet PC Edition. Home Premium mendukung hingga 16GB physical memory.

✐   Windows Vista Busines

            Sebanding dengan Windows XP Professional, dan ditunjukan untuk pengguna bisnis. Fitur Media Center yang ada dalam Home Premium tidak dimasukkan dalam edisi ini, tetapi memiliki fasilitas IIS web server, dukungan faksimili, offline files, dukungan dual physical processor, Remote Desktop, kolaborasi P2P, dan mampu menangani hingga 128GB memori. Aktivasi produk tidak diperlukan untuk edisi ini.

✐   Windows Vista Enterprise

            Edisi ini ditujukan untuk segmen enterprise, dan merupakan edisi tingkat tinggi dari edisi Business. Fitur-fitur tambahannya di antaranya adalah versi sesi-tunggal dari Virtual PC, dukungan antarmuka multibahasa, BitLocker Drive Encryption, dan dukungan untuk aplikasi UNIX. Edisi ini tidak akan tersedia melalui saluran retail ataupun OEM, melainkan melalui Microsoft Software Assurance.

✐   Windows Vista Ultimate

            Edisi ini menggabungkan seluruh fitur-fitur Home, Premium, dan Enterprise. Dalam edisi ini juga ditambahkan dukungan pembuatan podcast (yang dialihbahasakan oleh Microsoft menjadi “blogcasting“), program peningkat-kinerja game (WinSAT), fasilitas DVD ripping, dan layanan online khusus untuk media yang dapat diunduh, serta opsi layanan pelanggan tambahan lainnya. Edisi Ultimate ditujukan sebagai edisi Vista yang paling impresif, ditujukan bagi para pengguna high-end, pemain game, para profesional multimedia, serta para pecandu PC. Seperti edisi Business dan Enterprise, aktivasi produk juga tidak diperlukan.

LANGKAH-LANGKAH INSTALASI

Windows secara otomatis dijalankan sebagai hard drive kosong, dan akan memuat file, ini mungkin memakan waktu

Windows Vista install loading file

Lalu pilih bahasa instalasi

TEKAN NEXT

KLIK INSTALL NOW

Bagian ini adalah bagian mengumpulkan informasi. Pertama Anda akan membutuhkan Windows “Product Key”. Ini akan pada kemasan disk yang disediakan dengan CD Anda / DVD. Kunci produk akan 25 digit dan akan berisi huruf dan angka.

  • MASUKKAN PRODUC KEY
  • CEKLIST PADA AUTOMATCALLY ACTIVATE WINDOWS WHEN I’M ONLINE LALU TEKAN NEXT

BERI CEKLIST I ACCEPT THE LINCES TERMS LALU KILIK NEXT

Sekarang Anda akan diminta jenis instalasi yang ingin Anda lakukan. Klik pada “COSTUM ADVANCED” untuk melanjutkan.

Untuk setup harddisk, klik “NEW”

Pilih jumlah ukuran yang ingin Anda gunakan dan klik “APPLY”.

Ini akan memakan waktu beberapa saat untuk menerapkan pengaturan.

Setelah selesai, klik “FORMAT” untuk memformat drive.

Anda akan menerima peringatan, klik “OK” untuk melanjutkan, karena semua info akan dihapus secara permanen.

Windows sekarang formating drive, ini mungkin memakan waktu beberapa saat jadi bersabarlah

Once done click on “NEXT” to continue

Bagian ini adalah untuk menginstal Windows, ia akan mengambil kadang-kadang dan tidak memerlukan masukan apapun dari Anda, jadi pergi membuat secangkir teh atau menonton TV karena bisa memakan waktu hingga satu jam. Pastikan tidak ada disk di drive floppy, karena komputer akan reboot beberapa kali selama proses ini.

Windows now copies files

Memperluas jendela file

Windows menginstal fitur

Windows is installing updates

Windows melakukan restart: ini akan dilakukan secara otomatis jika Anda tidak tentang, jika tidak, anda bisa klik “Restart Now” untuk speedthings naik sedikit.

The computer reboots

Jika Anda mendapatkan pesan ini, maka Anda telah meninggalkan floppy disk drive floppy atau harddisk Anda tidak dalam urutan boot BIOS dengan benar. Hapus disk atau memperbaiki BIOS kemudian tekan “Any Key” untuk melanjutkan

Anda juga bisa mendapatkan pesan ini “Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD atau DVD ..”, jangan tekan tombol dan biarkan ini untuk lulus

Windows continues Loading

Windows sekarang booting untuk pertama kalinya, jangan tertipu masih bisa menjadi beberapa reboot dan agak sedikit menginstall

Windows continues to install

Windows does more updating and installing

Windows reboots a few more times

and then finally

Next Input your Username for the computers Administrator account. Then Click on Password.

Sekarang masukan password anda (Satu anda ingat) dan kemudian mengetik ulang password untuk konfirmasi. Juga ketik petunjuk sandi yang akan membantu Anda mengingatnya hanya dalam kasus. Anda juga dapat mengubah gambar login default lokal dengan mengklik gambar yang berbeda

Now choose a computer name (Mainly used for ID on a network), and select a different background image if you wish.

Jika Anda mengubah latar belakang itu akan berubah sebagai per di bawah ini. Klik “NEXT” untuk melanjutkan.

Selanjutnya Anda perlu memeriksa zona waktu sudah benar dan juga waktu dan tanggal. Waktu dan tanggal dari BIOS, tetapi “Zona Waktu” harus ditetapkan, itu akan gagal ke lokasi bahasa yang paling umum digunakan oleh bahasa default Anda sebagaimana sebelumnya. Klik tombol “panah ke bawah” di akhir kotak. Lalu ketik Next

Sekarang Anda pilih metode perlindungan Windows. Kami merekomendasikan pilihan atas “Gunakan Fitur pengaturan”, klik pada pilihan Anda untuk melanjutkan.

klik “START” untuk melanjutkan

and begin to load.

and load….

Now the Windows “LOGIN” screen. Type in your password and click on the arrow (Or press “ENTER”) to continue.

Windows “WELCOMES” you….

Windows now “PREPARES THE DESKTOP”

  • Windows desktop appears and the stages of the install begin.
  • Several personalised settings will be installed.

The desktop will soon appear.

ISI CONTROL PANEL

✐   system and maintenance

Ini adalah panel yang dapat mengendalikan komputer Anda. Mengendalikan sistem,mengupdate komponen komputer baik hardware maupun software. mengembalikan data , melihat RAM , dan juga mengendalikan kecepatan processor. Didalam system & maintenance terdapat :
1. Welcome center.
2. Backup and restore Center.
3. System
4. Windows update.
5. Power Option.
6. Indexing Options.
7. Problem reports and solution.
8. Performance information and tools.
9. Device Manager
10. Windows Anytime Upgrade.
11. Administrative tools

  • Welcome Center.
    Welcome center adalah feature di system maintenance yang memiliki fungsi untuk melihat komponen komputer yang di gunakan pada komputer tersebut.
  • Backup and restore center
    Adalah feature yang memiliki fungsinya membuat back up file-file, agar tidak hilang, dan juga mampu merestore file-file yang masih tersimpan di hardisk computer
  • System
    Adalah melihat informasi tentang komputer dan mengatur hardware komputer, mulai dari ram, processor, dan lainnya
  • Windows update memiliki fungi yakni mengecek sofware dan hardware dan juga memperbarui semua komponen.
  • Power option memiliki fungsi untuk menggunakan pilihan baterai komputer yang akan di gunakan, apakah baterai ingin digunakan maximum ataupun minimum, Adalah mengatur file index yang digunakan user untuk komputernya
  • Problem Reports and Solution memiliki fungsi untuk melaporkan ataupun menginformasikan kendala yang di hadapi komputer dalam penggunaaannya, dan memberikan solusi yang harus digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut
  • appearance and themes yaitu berfungsi untuk merubah macam-macam tampilan pada layar komputer.
  • Sounds, speech and audio devices yait berfungsi untuk mengatur hal-hal yang berhubungan dengan audio/suara pada komputer.
  • Security center yaitu berfungsi untuk mengatur berbagai jenis pengamanan pada komputer.
  • Date, time, language, and regional option yaitu berfungsi untuk mengatur tanggal, waktu, dan bahasa pada komputer.
  • Network and internet conection yaitu berfungsi untuk mengatur konektifitas/sambungan jaringan internet dengan komputer.
  • Add or remove programs yaitu berfungsi untuk install maupun menghapus program yang ada di komputer maupun komponen yang berada di windows

 

 
Leave a comment

Posted by on February 6, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: